Selasa, 24 Maret 2015

Definisi Web Science, Sejarah Web, dan Arsitektur Komputer

1. DEFINISI WEB SCIENCE
       Web science yang berasal dari dua kata yaitu web dan science. Web (situs) merupakan halaman-halaman yanf menyajikan informasi yang berupa data teks, suara, gambar, video, animasi yang bergabung dalam sifat yang statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian yang terkait satu sama lain dengan dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Kata kedua yaitu science yang berarti segala sesuatunya memiliki sumber ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat dan kegunaan pada banyak bidang didalam kehidupan sehari-hari.
       Sehingga web science adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, didapat dari sumber yang akurat, didapatkan melalui dunia maya tanpa harus menuju sumber informasi tersebut, sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan informasi. Dengan memberdayakan sumber daya virtual sebagai media komunikasi yang mudah dan praktis.


2. SEJARAH WEB
       A. Pra Web :
                   Pada masa ini dimana digunakan era prototype seperti memex, usenet, gophre, dan ftp                  sebelum munculnya evolusi menjadi internet yang kita gunakan sekarang.

    1. The Memex ( Memory Index)

                         The memex berasal dari sebuah singkatan yaitu memory dan index. Sebuah nama                           hipotesis proto-hypertext sistem yang dijelasakn oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di                     artikenya yang berjudul "As We May Think". Memex mempengaruhi konsep                                       perkembanan awal hypertext sistem, yang mengarah pada penciptaan World Wide Web                      (WWW) dan basis pengetahuan personal software.

               2. Hypertext

                        Hypertext merupakan bahasa markup untuk membuat sebuah halaman web, pada                            sebuah penjelajahan web internet dan formating hypertext sederhana akan ditampilkan                        berbagai informasi yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menampilkan                            wujud yang terintegrasi. 

               3. Internet

                        Internet yang memiliki kepanjangan intertconnection-networking) merupakan sistem                      global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar                              internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan untuk melayani pengguna diseluruh                            dunia. Suatu rangkaian internet yang paling besar dinamakan internet. Dan cara                                    menghubungkan rangkaian dengan kaedah dinamakan Internetworking.

               4. Usenet

                       Usenet kependekkan dari User Network, ini merupakan salah satu jaringan tertua yang                   dilayani oleh internet. Yang pada awalnya didesain pada Duke University (1979),                                 kemudian dikembangkan di Duke University dan North Carolia University (1980). Usenet                   memiliki tujuan utama yaitu bertukar pesan teks di antara node (komputer yang terhubung                   dengan jaringan).

              5. FTP (File Transfer Protocol)

                        FTP adalah salah satu protokol internet yang paling dikembangkan, dan                                           penggunaannya pun masih dilakukan hingga saat ini saat melakukan download                                     (pengunduhan) dan upload (pengunggahan) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan                   server FTP. Klien FTP adalah aplikasi untuk mengeluarkan perintah-perintah FTP ke                          sebuah server FTP, lali server FTP merupakan Windows Service atau deamon yang                              berkerja di atas sebuah komputer dengan merespon perintah-perintah dari klien FTP.

              6. Gopher

                        Ghoper merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk pencarian,                      distribusi, dan pengambilan dokumen melalui internet. Mark McCahill beserta timnya                          adalah pencipta ghoper di University of Minnesota (1991). Protokol yang menawarkan                        beberapa fitur yang tidak didukung oleh native web dan hirarki yang lebih kuat pada                            informasi yang tersimpan di dalamnya. Dengan struktur hirarki, Gopher memberikan suatu                  platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakan eletronik pertama. Meskipun                         sebagian besar digantikan oleh web di tahun berikutnya, namun protokol gopher masih                         digunakan penggemarnya, dan server populasi kecil yang tetap aktif dipertahankan.


       B. Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
            
               - Web 1.0
                         Teknologi web generasi pertama yang membuat revolusi baru di dunia internet karena                  hal tersebut merubah cara kerja dunia industri serta media. Secara umum generasi pertama                  ini dikembangkan untuk pengaksesan informasi yang memiliki sifat sedikit interktif. Mulai                  tahun 1992 diperkenalkan beragam web browser, yang mendorong pertumbuhan                                  pemanfaatan web sebagi penyedia informasi. Contoh pada web ini, biasanya bersifat                            HTML dan berisi tulisan pribadi.

              - Web 2.0
                         Istilah dari Web 2.0 diperkenalkan oleh O'Reilly media di tahun 2004. Web 2.0                            sebagai teknologi web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing                              informasi secara online. Menurut tim O'Reilly, Web 2.0 didefinisikan "Web 2.0 adalah                        revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai                        platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk                                mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Web 2.0 mulai menjadi trend pada                        tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis                        Web semakin banyak diterapkan.". Contoh dari generasi kedua adalah web seperti blog,                      wikipedia, dan lainnya.

              - Web 3.0
                         Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana Web 2.0 baru                      saja memperhatikan pertukaran data antara dengan manusia. Web 3.0 adalah pertukaran                      antara manusia dengan mesin, manusia-manusia dan mesin-mesin yang disempurnakan.                      Menurut John Markoff, Web 3.0 merupakan teknologi yang mnggunakan cara baru lebih                    efisien untuk membantuk komputer dalam mengorganisasian dan penarikan kesimpulan                      dari data online. Teknologi Web 3.0 atau web semantik, secara teknik mencari hasil yang                    dicari. Kelebihan semantic web mampu membuat aplikasi komputer yang dapat                                    memahami bahasa manusia. Jadi bahasa yang digunakan pun tidak menggunakan bahasa                      yang bersifat teknis, tetapi seperti menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.

       C. Web Science dan Metodologi Science

                   Web science yang didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research                         Initiative (WSRI). Web yang asalnya dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL             dan University of Southampton, ECS, yang memiliki ambisi mengkoordinasi dan mendukung            sentralisasi pembelajaran WWW. Dari awal kemunculannya, konsep Web Science sudah                    menyebar dengan luas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting. 
                    Pada aktifitas yang dilakukan WSRI adalah fokus pada tiga hal, yaitu (i) arkitulasi                     agenda peneliatian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi                   pembelajaran web science, dan (iii) mengikat pemikrian tantang kepemimpinan pada sektor                 yang berkembang ini. Para direktur WSRI membuat badan amal- The Web Science Trust                     (WST) untuk mendukung pengembangan web science secara global. Dengan tujuannya adalah           mendorong partisipan luas untuk dalam mengembangkan web science. The Foundation                       memiliki tujuan untuk mengingkatkan web. The trust dan the foundation yang memiliki                       kesamaan komitmen dalam melanjutkan kedisiplinan web science akan berkerja sama pada                 beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang web science serta mempromosikan                   dampak positif dari web science kepada masyarakat luas.

                    Ilmu pengetahuan sains yang disajikan dalam web. Ketika suatu web yang sudah                       memasuki ke arah ilmu pengetahuan sains, bagaimanakah keilmuan ini melakukan                               metodologi?. Bagaimana cara peneliti maupun engineer melakukan pendekatan terhadap web             untuk pemahaman serta relasinya dengan domain yang luas, dan apa inovasi yang dapat                      dilakukan?.
                   Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada                            metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci            utamanya [Leung, 2001]. Pada contoh hasil riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% yang          berasal dar web Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model ini merupakan model          analisis yang mengkombinasikan data empiris dengan melakukan determinasi probabilitas.                  Metodologi pada web science akan mempengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang              industri maupun penilitian akademis.

3. ARSITEKTUR WEB

       Arsitektur website adalah pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs, seperti arsitektur itu sendiri, teknis yang dilibatkan, kriteria estetis dan fungsional. Dalam arsitektur tradisional memiliki fokus pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Untuk mencapai hal itu semua, maka dibutuhkan perhatian yang khusus pada konten web, perencanaan bisnis, manfaat, desain interaksi, informasi serta desain arsitektur web. Mengoptimasi mesin pencari tersebut agar efektif maka diperlukan apresiasi bagaimana situ web terkait dengan World Wide Web (WWW).
       Sejak web perencanaan isi, desain serta manajemen datang dalam lingkup metode desain, Virtruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang melakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Arsitektur website akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan inilah yang dapa mempercepat kemunculan web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Struktualisme merupakan pendekatan yang telah dipengaruhi dengan sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Dikarenakan Web 2.0 melibatkan user-generated content, maka mengarahkan perhatian arsitek web untuk aspek-aspek struktur informasi.
       Pada web arsitektur memiliki potensi menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. Web deasin, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian grafis dan teknis , dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Berikut halaman-halaman yang terdapat pada sebuah website :

1. Home page : Halaman depan, halaman yang pertama kali dilihat oleh para pengunjung dan bagian yang paling penting untuk mendapatkan urutan pencarian tertinggi saat dicari pada mesin pencari. Bagian penting pada halaman depan adalah harus memberikan informasi yang jelas dan singkat kepada pengunjung mengenai website, produk/jasa apa yang tersedia.

2. Halaman produk/Jasa : Ini merupakan bagian utama dari web yang menyajikan penawaran produk dan/atau jasa. Bagaimanapu website yang dimiliki, yang terpenting adalah menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang ingin ditawarkan, membantu memudahkan pengunjung dalam menentukan pilihan dan melakukan transaksi. Apabila produk yang ditawarkan banyak, maka bisa disajikan ringkasan dari keseluruhan produk/jasa kemudian membuat subhalaman untul keterangan secara detailnya.

3. Halaman informasi : ada beberapa hal di halaman informasi, yaitu
     a. Profil : berisi tentang keterangan bisnis atau perusahaan, visi dan misi, menampilkan pengurus            inti website atau perusahaan, dan hal lainnya.
     b. FAQ(Frequently Asked Question) : Berisi pertanyaa-pertanyaan umum mengenai pruduk, jasa,            maupun perusahaan.
     c. Testimoni : halaman tentang kesaksian pelanggan mengenai produk dan/atau jasa yang                        ditawarkan. Sebagai alat kepercayaan pada perusahaan, dan dapat membangun reputasi.
     d. Surat kabar elektronik : berisi berita-berita mengenai produk/jasa.

4. Halaman kenaggotaan : Bagian ini penting untuk pengembangan website untuk kedepannya.
Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan pengunjung yang mengunjungi website.

5. Halaman Kontak : Halaman yang berisi informasi kontak pengurus website yang dapat dihubungi.

Berikut bagian-bagian dari arsitektur web :

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

World Wide Web (WWW)
Merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapan digunakan bersama.

Universal Resource Locator (URL)
Merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan.

Extensible Markup Language (XML)
Merupakan bahasa web turunan sari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang sebelumnya. XMLmerupakan sintaks yang digunakan untuk menjelaskan bahasa markup lain (Douenaee, 2002), sehingga disebut metalanguage.

JavaScript
Merupakan bahasa pemograman yang berbasi prorotipe yang berjalan disisi klien. Javascript memberikan fungsi pada halaman web yang meletakkan secara internal pada halaman html diantara tag atau dibuat file secara eksternal (terpisah) lalu di link menggunakan pada bagian seperti CS5. Fungsi javascript secara fungsional adalah, untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded).

Ajax
Singkatan yang berasal dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX ini merupakan gabungan beberapa teknologi yang memiliki tujuan untuk menghindari page reload. Dengan menghindari page reload, maka paradigma click-and-wait dapat dihindarkan juga, serta memberikan sebuah fitur yang cukup kompleks pada website seperti validasi data secara realtime, drag n drop dan fitur-fitur lain yang belum dimiliki web biasa. AJAX dapat mengambil data kemudian diolah di client melalui request asynchronous HTTP yang diinisiasi oleh Javascript dari suatu aplikasi web, sehingga dapat mengupdate bagian-bagian tertentu dari web tanpa harus memanggil keseluruhan halaman web. Request ini dapat dieksekusi dalam beberapa cara dan beberapa format transmisi data. Dikombinasikannya cara pengambilan data remote dengan interaktivitas dari Document Object Model (DOM) telah menghasilkan generasi terbaru dari aplikasi web yang mengebrak aturan-aturan tradisional tentang apa yang dapat terjadi di dalam web.



Referensi:
http://camillainsaniputri.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science.html

http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html

http://laoderahmatputra.blogspot.com/2014/03/pengertian-sejarah-arsitektur-web.html



0 komentar:

Posting Komentar