Web science yang berasal dari dua kata yaitu web dan science. Web (situs) merupakan halaman-halaman yanf menyajikan informasi yang berupa data teks, suara, gambar, video, animasi yang bergabung dalam sifat yang statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian yang terkait satu sama lain dengan dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Kata kedua yaitu science yang berarti segala sesuatunya memiliki sumber ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat dan kegunaan pada banyak bidang didalam kehidupan sehari-hari.
Sehingga web science adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, didapat dari sumber yang akurat, didapatkan melalui dunia maya tanpa harus menuju sumber informasi tersebut, sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan informasi. Dengan memberdayakan sumber daya virtual sebagai media komunikasi yang mudah dan praktis.
2. SEJARAH WEB
A. Pra Web :
Pada masa ini dimana digunakan era prototype seperti memex, usenet, gophre, dan ftp sebelum munculnya evolusi menjadi internet yang kita gunakan sekarang.
- The Memex ( Memory Index)
The memex berasal dari sebuah singkatan yaitu memory dan index. Sebuah nama hipotesis proto-hypertext sistem yang dijelasakn oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di artikenya yang berjudul "As We May Think". Memex mempengaruhi konsep perkembanan awal hypertext sistem, yang mengarah pada penciptaan World Wide Web (WWW) dan basis pengetahuan personal software.
2. Hypertext
Hypertext merupakan bahasa markup untuk membuat sebuah halaman web, pada sebuah penjelajahan web internet dan formating hypertext sederhana akan ditampilkan berbagai informasi yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menampilkan wujud yang terintegrasi.
3. Internet
Internet yang memiliki kepanjangan intertconnection-networking) merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan untuk melayani pengguna diseluruh dunia. Suatu rangkaian internet yang paling besar dinamakan internet. Dan cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah dinamakan Internetworking.
4. Usenet
Usenet kependekkan dari User Network, ini merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Yang pada awalnya didesain pada Duke University (1979), kemudian dikembangkan di Duke University dan North Carolia University (1980). Usenet memiliki tujuan utama yaitu bertukar pesan teks di antara node (komputer yang terhubung dengan jaringan).
5. FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah salah satu protokol internet yang paling dikembangkan, dan penggunaannya pun masih dilakukan hingga saat ini saat melakukan download (pengunduhan) dan upload (pengunggahan) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Klien FTP adalah aplikasi untuk mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, lali server FTP merupakan Windows Service atau deamon yang berkerja di atas sebuah komputer dengan merespon perintah-perintah dari klien FTP.
6. Gopher
Ghoper merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk pencarian, distribusi, dan pengambilan dokumen melalui internet. Mark McCahill beserta timnya adalah pencipta ghoper di University of Minnesota (1991). Protokol yang menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native web dan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Dengan struktur hirarki, Gopher memberikan suatu platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakan eletronik pertama. Meskipun sebagian besar digantikan oleh web di tahun berikutnya, namun protokol gopher masih digunakan penggemarnya, dan server populasi kecil yang tetap aktif dipertahankan.
B. Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
- Web 1.0
Teknologi web generasi pertama yang membuat revolusi baru di dunia internet karena hal tersebut merubah cara kerja dunia industri serta media. Secara umum generasi pertama ini dikembangkan untuk pengaksesan informasi yang memiliki sifat sedikit interktif. Mulai tahun 1992 diperkenalkan beragam web browser, yang mendorong pertumbuhan pemanfaatan web sebagi penyedia informasi. Contoh pada web ini, biasanya bersifat HTML dan berisi tulisan pribadi.
- Web 2.0
Istilah dari Web 2.0 diperkenalkan oleh O'Reilly media di tahun 2004. Web 2.0 sebagai teknologi web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut tim O'Reilly, Web 2.0 didefinisikan "Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan.". Contoh dari generasi kedua adalah web seperti blog, wikipedia, dan lainnya.
- Web 3.0
Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana Web 2.0 baru saja memperhatikan pertukaran data antara dengan manusia. Web 3.0 adalah pertukaran antara manusia dengan mesin, manusia-manusia dan mesin-mesin yang disempurnakan. Menurut John Markoff, Web 3.0 merupakan teknologi yang mnggunakan cara baru lebih efisien untuk membantuk komputer dalam mengorganisasian dan penarikan kesimpulan dari data online. Teknologi Web 3.0 atau web semantik, secara teknik mencari hasil yang dicari. Kelebihan semantic web mampu membuat aplikasi komputer yang dapat memahami bahasa manusia. Jadi bahasa yang digunakan pun tidak menggunakan bahasa yang bersifat teknis, tetapi seperti menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.
C. Web Science dan Metodologi Science
Web science yang didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web yang asalnya dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS, yang memiliki ambisi mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran WWW. Dari awal kemunculannya, konsep Web Science sudah menyebar dengan luas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Pada aktifitas yang dilakukan WSRI adalah fokus pada tiga hal, yaitu (i) arkitulasi agenda peneliatian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran web science, dan (iii) mengikat pemikrian tantang kepemimpinan pada sektor yang berkembang ini. Para direktur WSRI membuat badan amal- The Web Science Trust (WST) untuk mendukung pengembangan web science secara global. Dengan tujuannya adalah mendorong partisipan luas untuk dalam mengembangkan web science. The Foundation memiliki tujuan untuk mengingkatkan web. The trust dan the foundation yang memiliki kesamaan komitmen dalam melanjutkan kedisiplinan web science akan berkerja sama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang web science serta mempromosikan dampak positif dari web science kepada masyarakat luas.
Ilmu pengetahuan sains yang disajikan dalam web. Ketika suatu web yang sudah memasuki ke arah ilmu pengetahuan sains, bagaimanakah keilmuan ini melakukan metodologi?. Bagaimana cara peneliti maupun engineer melakukan pendekatan terhadap web untuk pemahaman serta relasinya dengan domain yang luas, dan apa inovasi yang dapat dilakukan?.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Pada contoh hasil riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% yang berasal dar web Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model ini merupakan model analisis yang mengkombinasikan data empiris dengan melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada web science akan mempengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun penilitian akademis.
3. ARSITEKTUR WEB
Arsitektur website adalah pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs, seperti arsitektur itu sendiri, teknis yang dilibatkan, kriteria estetis dan fungsional. Dalam arsitektur tradisional memiliki fokus pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Untuk mencapai hal itu semua, maka dibutuhkan perhatian yang khusus pada konten web, perencanaan bisnis, manfaat, desain interaksi, informasi serta desain arsitektur web. Mengoptimasi mesin pencari tersebut agar efektif maka diperlukan apresiasi bagaimana situ web terkait dengan World Wide Web (WWW).
Sejak web perencanaan isi, desain serta manajemen datang dalam lingkup metode desain, Virtruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang melakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Arsitektur website akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan inilah yang dapa mempercepat kemunculan web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Struktualisme merupakan pendekatan yang telah dipengaruhi dengan sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Dikarenakan Web 2.0 melibatkan user-generated content, maka mengarahkan perhatian arsitek web untuk aspek-aspek struktur informasi.
Pada web arsitektur memiliki potensi menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. Web deasin, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian grafis dan teknis , dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Berikut halaman-halaman yang terdapat pada sebuah website :
1. Home page : Halaman depan, halaman yang pertama kali dilihat oleh para pengunjung dan bagian yang paling penting untuk mendapatkan urutan pencarian tertinggi saat dicari pada mesin pencari. Bagian penting pada halaman depan adalah harus memberikan informasi yang jelas dan singkat kepada pengunjung mengenai website, produk/jasa apa yang tersedia.
2. Halaman produk/Jasa : Ini merupakan bagian utama dari web yang menyajikan penawaran produk dan/atau jasa. Bagaimanapu website yang dimiliki, yang terpenting adalah menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang ingin ditawarkan, membantu memudahkan pengunjung dalam menentukan pilihan dan melakukan transaksi. Apabila produk yang ditawarkan banyak, maka bisa disajikan ringkasan dari keseluruhan produk/jasa kemudian membuat subhalaman untul keterangan secara detailnya.
3. Halaman informasi : ada beberapa hal di halaman informasi, yaitu
a. Profil : berisi tentang keterangan bisnis atau perusahaan, visi dan misi, menampilkan pengurus inti website atau perusahaan, dan hal lainnya.
b. FAQ(Frequently Asked Question) : Berisi pertanyaa-pertanyaan umum mengenai pruduk, jasa, maupun perusahaan.
c. Testimoni : halaman tentang kesaksian pelanggan mengenai produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Sebagai alat kepercayaan pada perusahaan, dan dapat membangun reputasi.
d. Surat kabar elektronik : berisi berita-berita mengenai produk/jasa.
4. Halaman kenaggotaan : Bagian ini penting untuk pengembangan website untuk kedepannya.
Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan pengunjung yang mengunjungi website.
5. Halaman Kontak : Halaman yang berisi informasi kontak pengurus website yang dapat dihubungi.
Berikut bagian-bagian dari arsitektur web :
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.World Wide Web (WWW)
Merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapan digunakan bersama.
Universal Resource Locator (URL)
Merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan.
Extensible Markup Language (XML)
Extensible Markup Language (XML)
Merupakan bahasa web turunan sari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang sebelumnya. XMLmerupakan sintaks yang digunakan untuk menjelaskan bahasa markup lain (Douenaee, 2002), sehingga disebut metalanguage.
JavaScript
Merupakan bahasa pemograman yang berbasi prorotipe yang berjalan disisi klien. Javascript memberikan fungsi pada halaman web yang meletakkan secara internal pada halaman html diantara tag atau dibuat file secara eksternal (terpisah) lalu di link menggunakan pada bagian seperti CS5. Fungsi javascript secara fungsional adalah, untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded).
Ajax
Singkatan yang berasal dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX ini merupakan gabungan beberapa teknologi yang memiliki tujuan untuk menghindari page reload. Dengan menghindari page reload, maka paradigma click-and-wait dapat dihindarkan juga, serta memberikan sebuah fitur yang cukup kompleks pada website seperti validasi data secara realtime, drag n drop dan fitur-fitur lain yang belum dimiliki web biasa. AJAX dapat mengambil data kemudian diolah di client melalui request asynchronous HTTP yang diinisiasi oleh Javascript dari suatu aplikasi web, sehingga dapat mengupdate bagian-bagian tertentu dari web tanpa harus memanggil keseluruhan halaman web. Request ini dapat dieksekusi dalam beberapa cara dan beberapa format transmisi data. Dikombinasikannya cara pengambilan data remote dengan interaktivitas dari Document Object Model (DOM) telah menghasilkan generasi terbaru dari aplikasi web yang mengebrak aturan-aturan tradisional tentang apa yang dapat terjadi di dalam web.
Referensi:
http://camillainsaniputri.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science.html
http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
http://laoderahmatputra.blogspot.com/2014/03/pengertian-sejarah-arsitektur-web.html
0 komentar:
Posting Komentar