Nama : Aisyah Astindra Rohadewi
NPM : 50413503
Kelas : 4IA12
Di awal
semester enam yang lalu, terdapat mata kuliah “Penulisan Ilmiah”. Dimana penulisan
ilmiah ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan. Karena untuk
mendapatkan gelar sarjanan muda atau D3 di Universitas Gunadarma jurusan teknik
informatika ini adalah dengan menyelesaikan penulisan ilmiah.
Awal mula
project yang ingin saya buat untuk penulisan ilmiah adalah sebuah aplikasi yang
memberikan informasi gizi, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan seseorang tiap
harinya bedasarkan umur, jenis kelamin, dan kegiatan yang dilakukan. Juga terdapat
pengingat untuk mengkonsumsi air mineral. Namun, hal tersebut saya batalkan
karena tidak mudah mencari data. Terlebih lagi sumber harus diperhatikan karena
menyangkut hal kesehatan. Jika salah sumber, maka bisa berakibat fatal.
Karena
keterbatasan waktu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat aplikasi mengenai
kuline dan kerajinan tangan. Selain karena saya suka melihat-lihat kedua hal
tersebut di internet, televisi, ataupun buku sehingga tidak sulit menemukan
data. Saya juga melihat dari masalah yang terjadi saat-saat ini.
Dilihat
dari sisi kuliner, saat ini banyak sekali restoran-restoran atau kafe-kafe yang
bermunculan dengan menunjukkan berbagai macam kreatifitas masing-masing untuk
mengambil hati para pengunjung. Masalah yang terjadi adalah ketika makanan atau
minuman yang disajikan oleh restoran-restoran atau kafe-kafe tersebut memiliki
harga yang terbilang mahal untuk ukuran makanan atau minuman tertentu. Namun,
tetap saja banyak yang memesannya karena sering kali kuliner tersebut merupakan
kuliner yang sedang nge-trend. Sehingga menciptakan masalah seperti hedonisme
terutama dikalangan remaja. Padahal, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat
kuliner tersebut mudah dan bisa membuatnya dengan tangan sendiri. Sama halnya
terjadi dengan kerjinan tangan seperti contoh kasus slime dan squishy.
Dengan
membuat aplikasi ini, saya berharap dapat membantu para pengguna yang penasaran
dengan suatu kuliner atau kerajinan tangan. Dengan memberikan informasi bahan-bahan,
cara pembuatan, dan disertakan video agar pengguna semakin mudah dalam
pembuatannya. Sehingga bisa mengurangi pengeluaran uang yang berlebihan, serta membentuk
dan menambah kreatifitas pengguna.
Penulisan
ilmiah yang saya buat dengan judul “Aplikasi Kumpulan Resep Kuliner Dan
Kerajinan Tangan Berbasis Android” dengan metode penelitian studi pustaka. Studi
pustaka adalah Mencari data dan informasi yang berhubungan dengan aplikasi yang
akan dibuat, yaitu informasi mengenai pembuatan aplikasi resep kuliner dan
pembuatan kerajinan tangan. Informasi tersebut didapat dari berbagai sumber
diantaranya buku, artikel di internet, dan referensi lain yang berkaitan
pembuatan aplikasi dan materi aplikasi. Kemudian ada tahapan perancangan,
seperti perancangan hosting untuk merancang nama subdomain, pemilihan lokasi server,
dan password. Perancangan basis data
untuk merancang nama table, field, dan tipe data yang akan digunakan. Dan perancangan halaman,
dimana perancangan halaman untuk merancang tampilan halaman aplikasi nantinya.
Selanjutnya
ada tahapan pembuatan. Dalam tahapan pembuatan terdapat pembuatan hosting,
pembuatan aplikasi, dan pembuatan icon. Pembuatan hosting saya lakukan di www.hostinger.com. Kemudian pembuatan
aplikasi menggunakan software Android Studio dan pembuatan icon menggunakan
software Paint. Dan dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa software,
diantaranya :
- Android studio : Untuk pembuatan aplikasi dan basis data.
- Paint : Untuk pembuatan gambar (icon, symbol, button).
- FileZilla : Untuk melakukan file transfer kedalam hosting.
- Mozilla firefox : Untuk mengatur hosting dan sebagai pencarian informasi.
Aplikasi
kuliner dan kerajinan tangan yang saya buat ini memiliki kelebihan untuk
pengguna yang ingin belajar membuat kuliner dan kerajinan tangan sendiri. Karena
aplikasi memiliki tampilan yang menarik, mudah digunakan, terdapat video untuk
semakin memudahkan pengguna yang kebingungan dalam mengikuti langkah-langkah
secara tertulis, dan video yang nyaman untuk dilihat. Hal itu dibuktikan melalui
kuisioner dengan perhitungan menggunakan metode likert dan mendapatkan
persentasi rata-rata sebesar 81,67%. Selain itu, dalam aplikasi ini diberikan
menu tips dan trik untuk semakin memudahkan pengguna dalam pembuatan. Dan terdapat
menu favorit untuk menampilkan secara khusus kuliner maupun kerajinan tangan
pilihan pengguna.
Untuk
melakukan promosi aplikasi ini, saya akan memperkenalkan terlebih dahulu
tentang aplikasi ini kepada teman-teman saya terlebih yang menyukai
kreativitas. Lalu menyebarkan melalui media social kemudian dilanjutkan
memperkenalkan aplikasi yang saya buat ke forum-forum yang menyukai kuliner
ataupun kerajinan tangan. Ketika aplikasi saya sudah mulai banyak yang
menggunakan, saya akan terus mengembangkan aplikasi ini. Dan tidak menutup
kemungkinan jika terus berkembang akan menjadikan bisnis informatika dibidang
software house.
1 komentar:
You made some good points there. I looked on the internet for the topic and found most persons will go along with with your blog. Cheap Shared Web Hosting
Posting Komentar