Selasa, 11 Oktober 2016

ARTIKEL PRIBADI MENGENAI RINGKASAN PENELITIAN ILMIAH



Nama : Aisyah Astindra Rohadewi
NPM   : 50413503
Kelas : 4IA12

Di awal semester enam yang lalu, terdapat mata kuliah “Penulisan Ilmiah”. Dimana penulisan ilmiah ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan. Karena untuk mendapatkan gelar sarjanan muda atau D3 di Universitas Gunadarma jurusan teknik informatika ini adalah dengan menyelesaikan penulisan ilmiah.
Awal mula project yang ingin saya buat untuk penulisan ilmiah adalah sebuah aplikasi yang memberikan informasi gizi, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan seseorang tiap harinya bedasarkan umur, jenis kelamin, dan kegiatan yang dilakukan. Juga terdapat pengingat untuk mengkonsumsi air mineral. Namun, hal tersebut saya batalkan karena tidak mudah mencari data. Terlebih lagi sumber harus diperhatikan karena menyangkut hal kesehatan. Jika salah sumber, maka bisa berakibat fatal.

Karena keterbatasan waktu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat aplikasi mengenai kuline dan kerajinan tangan. Selain karena saya suka melihat-lihat kedua hal tersebut di internet, televisi, ataupun buku sehingga tidak sulit menemukan data. Saya juga melihat dari masalah yang terjadi saat-saat ini.
Dilihat dari sisi kuliner, saat ini banyak sekali restoran-restoran atau kafe-kafe yang bermunculan dengan menunjukkan berbagai macam kreatifitas masing-masing untuk mengambil hati para pengunjung. Masalah yang terjadi adalah ketika makanan atau minuman yang disajikan oleh restoran-restoran atau kafe-kafe tersebut memiliki harga yang terbilang mahal untuk ukuran makanan atau minuman tertentu. Namun, tetap saja banyak yang memesannya karena sering kali kuliner tersebut merupakan kuliner yang sedang nge-trend. Sehingga menciptakan masalah seperti hedonisme terutama dikalangan remaja. Padahal, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kuliner tersebut mudah dan bisa membuatnya dengan tangan sendiri. Sama halnya terjadi dengan kerjinan tangan seperti contoh kasus slime dan squishy.
Dengan membuat aplikasi ini, saya berharap dapat membantu para pengguna yang penasaran dengan suatu kuliner atau kerajinan tangan. Dengan memberikan informasi bahan-bahan, cara pembuatan, dan disertakan video agar pengguna semakin mudah dalam pembuatannya. Sehingga bisa mengurangi pengeluaran uang yang berlebihan, serta membentuk dan menambah kreatifitas pengguna.
Penulisan ilmiah yang saya buat dengan judul “Aplikasi Kumpulan Resep Kuliner Dan Kerajinan Tangan Berbasis Android” dengan metode penelitian studi pustaka. Studi pustaka adalah Mencari data dan informasi yang berhubungan dengan aplikasi yang akan dibuat, yaitu informasi mengenai pembuatan aplikasi resep kuliner dan pembuatan kerajinan tangan. Informasi tersebut didapat dari berbagai sumber diantaranya buku, artikel di internet, dan referensi lain yang berkaitan pembuatan aplikasi dan materi aplikasi. Kemudian ada tahapan perancangan, seperti perancangan hosting untuk merancang nama subdomain, pemilihan lokasi server, dan password. Perancangan basis data untuk merancang nama table, field, dan tipe data  yang akan digunakan. Dan perancangan halaman, dimana perancangan halaman untuk merancang tampilan halaman aplikasi nantinya.
Selanjutnya ada tahapan pembuatan. Dalam tahapan pembuatan terdapat pembuatan hosting, pembuatan aplikasi, dan pembuatan icon. Pembuatan hosting saya lakukan di www.hostinger.com. Kemudian pembuatan aplikasi menggunakan software Android Studio dan pembuatan icon menggunakan software Paint. Dan dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa software, diantaranya :

  • Android studio : Untuk pembuatan aplikasi dan basis data.

  • Paint : Untuk pembuatan gambar (icon, symbol, button).

  • FileZilla : Untuk melakukan file transfer kedalam hosting.

  • Mozilla firefox : Untuk mengatur hosting dan sebagai pencarian informasi.

Aplikasi kuliner dan kerajinan tangan yang saya buat ini memiliki kelebihan untuk pengguna yang ingin belajar membuat kuliner dan kerajinan tangan sendiri. Karena aplikasi memiliki tampilan yang menarik, mudah digunakan, terdapat video untuk semakin memudahkan pengguna yang kebingungan dalam mengikuti langkah-langkah secara tertulis, dan video yang nyaman untuk dilihat. Hal itu dibuktikan melalui kuisioner dengan perhitungan menggunakan metode likert dan mendapatkan persentasi rata-rata sebesar 81,67%. Selain itu, dalam aplikasi ini diberikan menu tips dan trik untuk semakin memudahkan pengguna dalam pembuatan. Dan terdapat menu favorit untuk menampilkan secara khusus kuliner maupun kerajinan tangan pilihan pengguna.
Untuk melakukan promosi aplikasi ini, saya akan memperkenalkan terlebih dahulu tentang aplikasi ini kepada teman-teman saya terlebih yang menyukai kreativitas. Lalu menyebarkan melalui media social kemudian dilanjutkan memperkenalkan aplikasi yang saya buat ke forum-forum yang menyukai kuliner ataupun kerajinan tangan. Ketika aplikasi saya sudah mulai banyak yang menggunakan, saya akan terus mengembangkan aplikasi ini. Dan tidak menutup kemungkinan jika terus berkembang akan menjadikan bisnis informatika dibidang software house.

1 komentar:

Silent Girl mengatakan...

You made some good points there. I looked on the internet for the topic and found most persons will go along with with your blog. Cheap Shared Web Hosting

Posting Komentar