Senin, 17 November 2014

5 New Media

1. Facebook


       Facebook merupakan salah satu sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004. Nama situs ini berasal dari buku yang diberikan kepada mahasiswa untuk tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas AS yang bertujuan untuk membantu antar mahasiswa mengena satu sama lain. Facebook dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook.Inc. Agar bisa menjadi pengguna facebook, hal yang sebelumnya harus dilakukan adalah mendaftarkan diri pada website facebook yaitu www.facebook.com , dengan mengisi beberapa registrasi seperti nama, alamat email, password, dan lain sebagainya. Ketika sudah menjadi salah satu pengguna facebook selain dapat mengisi tentang profil pribadi, dapat juga untuk mencari teman yang sama memiliki akun facebook, mencari teman baru, bergabung dengan banyak komunitas, melakukan chatting, dan lain sebagainya. Karena banyak pengguna yang tertarik dengan fasilitas facebook, pada September 2012 pengguna aktif facebook mencapai satu miliar, dengan separuhnya aktif melalui telepon genggam.
       Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg yang dibuat dengan rekannya teman sekamar Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Dimana mereka semua berasal dari mahasiswa Universitas Havard. Dulunya situs ini hanya diperuntukkan yang terbatas pada mahasiswa Havard saja, namun secara perlahan mulai membukakan diri untuk universitas lain, yang akhirnya dibuka untuk siswa sekolah menengah atas hingga terbatas sampai umur 13 ahun yang hanya boleh menggunakan situs ini. Namun menurut survey Consumer Reports pada bulan mei 2011, skitar ada 7,5juta anak dibawah 13 tahun dan 5 juta lainnya yang dibawah 10 tahun yang menggunakan facebook dengan melanggar persyaratan layanan situs yang diberikan.
Pada Januari 2009 Studi Compete.com menempatkan facebook sebagai sosial media yang paling banyak digunakan dengan menghitung menurut jumlah pengguna aktif bulanan diseluru dunia. Begitu pula dengan Entertainment Weekly yang menempatkan facebook di daftar terbaiknya. Diperkirakan sekitar 41,6% menurut Social Media Today yang mengunakan Facebook untuk penduduk Amerika. Pada Mei 2011 di AS Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan yang diperkirakan Quantcast. Namun, pada Mei 2011 pertumbuhan pasa Facebook menurun di sejumlah wilayah dengan hilangnya tujuh juta pengguna aktif di wilayah Amerika Serikat dan Kanada.  


Fitur-fitur Facebook :


o   Perbarui status : untuk menuliskan segala macam yang ingin ditulis. Yang kebanyakan untuk menampilkan apa yang sedang diinginkan ataupun curahan hati.

o   Message : fitur untuk saling mengirim dengan pengguna facebook lainnya secara pribadi.

o   Chat : fitur untuk mengobrol dengan teman sesame facebook dengan secara langsung dan real time.

o   Photo, Video : untuk mengunggah foto/video yang dapat juga dibagikan secara langsung dengan teman yang bersangkutan.

o   Search : fitur untuk mencari teman, grup, aplikasi yang disedian facebook, dan lain sebagainya.

o   Game : fitur permainan yang disediakan oleh facebook yang bisa bermain bersama dengan teman-teman di facebook

o   Notes : dapat menulis catatan yang dapat di-share dengan teman di facebook.
o   Wall : tempat mengirimkan pesan dengan teman namun secara terbuka
o   Poke / colek : fitur untuk mencolek secara virtual, yang bisa dijadikan sebagai sapaan kecil.
o   Gift : fitu yang saling mengirim hadiah, yang biasanya berbentuk sticker dan lainnya.
o   Sunting : yaitu fitur yntuk menghapus komentar ataupun untuk mengedit komentar ulang.
o   Emoticon : fitur sticker yang menampilkan emosi untuk menambah kesan dalam tulisan.
o   Promosi : satu fitur ini untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online, namun sayangnya satu fitur ini tidak gratis melainkan harus membayar untuk menggunakan fitur ini.
 

Kelebihan :
 *sebagai perantara hubung sharing antar semua pengguna facebook
 *bisa menemukan teman-teman di facebook
 *menambah pengetahuan dan pengalaman dengan menjadi salah satu komunitas yang             bergabung di facebook.
 *menjadi sarana hiburan

Kelemahan :
 * Banyak kasus penyamaran nama.
 * Banyaknya penipuan. 
 * Cyber crime.
 * Pornografi





2. Blogger


        Blog yang memiliki kepanjangan dari web blog merupakan suatu aplikasi web yang menyediakan fasilitas untuk memposting tulisan-tulisan dalam bentuk suatu web umum. Ketika menulis suatu artikel baru maka artike yang paling baru diurutkan di urutan paling atas dan seterus sampai paling bawah yaitu artikel yang paling lama dibuat, namun urutan itu bisa disetting sendiri menurut apa yang diinginkan.
Situs blog ini sendiri dapat diakses oleh semua pengguna internet, dengan mendapatkan suatu artikel dimana topik yang dibahas sama dengan apa yang ingin dicari, ataupun membuka website blog tersebut dan membaca artikel yang disediakan blogger.
Media blog yang pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang pada awalnya dimiliki oleh Pyra Labs namun pada akhirnya diakusisi oleh Google.com pada tahun 2002. Semenjak saat itu, banyak aplikasi-aplikasi ayng bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis-penulis blog.
Blog sendiri memiliki fungsi yang bermacam-macam, seperti membuat suatu catatan harian, emdia publikasi kampanye politik, program media, sampai perusahaan. Blog juga mampu melakukan interaksi antar pengguna blog lainnya maupun dengan pengunjungnya, dengan menyediakan buku tamu dan kolom komentar untuk memperkenankan para pengunjung meninggalkan komentar sebagai saran dari penulisan ataupun yang lainnya.
                    Blogger juga memiliki suatu komunitas. Dimana komunitas tersebut dapat terbentuk dimana yang memiliki hal-hal yang sama, seperti hobi, asal daerah, kegiatan, tempat pendidikan, dan lai sebagainya.

Fitur-fitur Blogger :


o   Blog baru : untuk membuat sebuah blog baru
o   Ikhtiar : menampilkan informasi dengan secara umum pada halaman blogger.
o   Pos : menampilkan rangkuman postingan, postingan yang sudah dipublikasikan maupun yang belum dipublikasikan atau draft.
o   Laman : untuk menampilkan informasi halaman. Di halaman tersebut dapat ditambah, dihapus ataupun diedit.
o   Komentar : menampilkan informasi tentang komentar yang dipublikasin maupun komentar yang dijadikan spam.
o   Google+ : cara untuk mempublikasikan blog kepada pengunjung internet yang lewat media google+
o   Statistik : untuk menampilkan postingan, pengunjung dan sumber lalu lintas yang ada di blog.
o   Kampanye : menampilkan kumpulan grup iklan yang berbentuk iklan, kata kunci, maupun tawaran, dengan berbagai anggaran, penargetan lokasi dan setelan lainnya.
o   Tata letak : menampilkan informasi bentuk blog . dimana bentuk blog itu bisa digedit, ditambah, atau dikurangi gadgetnya sesuai dengan keiinginan.
o   Template : mengedit tema/template blog anda mulai dari menyesuaikan dengan template bawaan bahkan fitur cadangkan/pulihkan yang dapat berfungsi untuk mengupload template dan bisa juga mengedit langsung melalui Edit HTML
o   Setelan : memberikan settingan pada blog. Dengan memiliki fitur ang banyak pula di dalamnya.
o   Daftar bacaan : kumpulan daftar artikel yang dibuat oleh lingkungan blog yang kita ikuti.

Kelemahan Blogger :

1. Tampilan yang terlalu sederhana
2. Pilihan template bawaan yang sedikit.
3. Ketika pengunjung ingin memberikan komentar, pengunjung harus membuka halaman baru.
4. Tidak bia melihat statistik pengunjung. 


Kelebihan  Blogger :

1.  Terintegrasi dengan Google Account.
2.  Mudah dalam proses Sign Up 

3.  script AdSense dapat dipasang.
4. Panel Kontrol sangatsederhana dan mudah dimengerti
5. Navigasi tersedia dalam bahasa Indonesia.
6. File CSSnya dapat diedit.
7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak
8. Ada widget yang diperuntukan untuk polling
9. Dapat membuat banyak blog dalam satu account
 

 


 3. YouTube
Youtube merupakan new media yang memiliki fasilitas berbagi hal dalam bentuk video yang dibuat oleh karyawan PayPal pada Februari 2005. Situ ini menyediakan untuk pengguna menonton, mengunggah, serta berbagi video. Kantor Youtube sendiri terletak di San Bruno, California dengan memakai tekhnologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk memainkan video yang dipilih. Seperti klip film, TV, maupun video music. Adapula konten amatir seperti blog video, video pendidikan, dan video orsinal pendek.
Di Youtube konten yang banyak diunggah oleh individu, namun adapula perusahaan seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu dan organisasi lainnya yang mengunggah material mereka yang menajdi bagian dari program kemitraan YouTube. Situs Youtube bersifat gratis dan dapat nikmati siapapun, untuk menggungah video ke Youtube maka harus memiliki akun Youtube dengan mendaftarkan diri dengan jumlah video yang dapat diunggah tidak terbatas. YouTube, LCC dibeli oleh Google dengan senilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google pada November 2006. Sehingga sekarang Youtube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.
Pada mei 2005 Youtube menawarkan uji beta, dengan enam bulan sebeum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan Youtube melonjak pada Juli 2006, perusahaan Youtube memberitahukan bahwa lebih dari 65.000 video telah terunggah setiap harinya, dan situs ini menerima 100juta kunjungan video perharinya. Menurut perusahaan riset pasar comStore dengan data yang dikumpulkan. Youtube sebagai video daring utama di US dengan pangsa pasar 43% dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada Mei 2010. Youtube juga menerima 800juta kunjungan unik setiap bulannya. Dan Alexa menempatkan Youtube sebagai website yang paling banyak dikunjungi ketiga setelah google dan facebook.
Di tahun 2010 Youtube menyiarkan konten tertentu berbayar yang dijadikan menjadi gratis, seperti 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Kemudia di tahun 2011 Google+ terintegrasi langsung dengan Youtube dan penjelajah web Chrome, sehingga dengan begitu video yang erdapat di Youtube dapat ditonton juga lewat Google+.

Fitur-fitur YouTube :
o   What to watch : menampilkan vide-video rekomendasi, video dari akun yang kita ikuti, yang popular dan lain sebagainya
o   My channel : untuk melihat channel yang kita miliki
o   My subscriptions : untuk melihat daftar video yang baru diunggah oleh akun yang kita ikuti
o   History : riwayat video yang telah kita tonton sebelumnya
o   Watch later : daftar video yang ingin di tonton pada waktu lain.
o   Liked video : kumpulan video yang disukai
o   Subscriptions : kumpulan daftar nama akun pengguna youtube yang kita ikuti
o   Browse channels : untuk menambah akun yang ingin kita ikut. Jika kita ingin mengikuti aku yang baru maka akan muncul akun-akun yang direkomendasikan oleh youtube.
o   Manage subscriptions: untuk mengedit akun-akun yang kita ikuti di youtube. Bisa menambah atau menghapusnya.
o   Search : mencari video yang kita inginkan
o   Upload : untuk mengunggah video ke youtube.

   Kelebihan Youtube :


  • Untuk menonton Video 
  • Bisa meng-upload video yang kita inginkan
  • Bisa sebagai mempromosikan diri
  • Dapat menonton video yang berkualitas bagus
  • video yang disajikan banyak
  • sebagai pendidikan maupun hiburan  
Kelemahan Youtube :

  • dapat disalah dunakan
  • banyak informasi yang menyesatkan
  • adanya kebebasan dalam mengupload video, sehingga menimbulkan banyak video yang buruk.
  • kualitas video tidak semuanya bagus
  • harus mempunyai koneksi yang bagus agar menonton tidak terpotong karena koneksi yang lemah


4. Google

Google inc. merupakan sebuah perusahaan yang multinasional AS yang berkhususan pada jasa dan produk internet. Produk tersebut mencakup teknologi pencarian, periklanan daring, komputasi eb, dan perangkat lunak. Dan sebagian besar labanya dari AdWords.
Google sendiri didirikan oleh Larru Page dan Sergey Brin ketika masih menjadi mahasiswa di Ph.D di Universitas Stanford. Mereka mendapatkan 16% dari saham perusahaan tersebut. Pada 4 September 1998 mereka menjadikan Google perusahaan swasta. Dengan pernyataan misinya “Mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”. Lalu google dipindahkan ke Mountain View, California  pada tahun 2006.
Dengan pertumbuhannya yang cepat, perusahaan elah menghasilkan berbagai produk akusisi, dan kerjasama di bidan mesin pencari inti Google. Perusahaan ini  menawarkan perangkat lunak prosuktivitas dalam jaringan, surat elektronik, jejaring sosial, dan aplikasi perkantoran. Produk-produk computer mejanya seperti aplikasi untuk menjelajahi web, mengatu dan menyunting foto, serta pesan instan. Perusahaan ini juga memprakarsai dalam pengembangan system operasi Android untuk handphone dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Dengan bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakusisi Motorola Mobility pada mei 2012.untuk memfasilitasi layanan internet pita lebar Google Fiber maka infrastruktur serat optic dipasa di Kansas City pada tahun 2012.
Diperkirakan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan juga memproses lebih dari sari miliar kueri pencarian serta sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya pada perusahaan ini. Alexa pada Desember 2012 mengatakan bahwa google.com adalah situs yang paling banya dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain memasuki sebagai 100 peringkat teratas, sebagaimana seperti Youtube dan Blogger. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai privasi, hak cipta, dan penyesoran. Dan pada tahun 2014, Google mendapatkan penghargaan Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.

Fitur-fitur Google :
1. Google Maps
Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google dengan menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia .
2. Google Translate
Google Translate merupakan layanan dari google yang bisa mentranslate dari berbagai bahasa dengan cepat.
3. Google Adsense
untuk menempatkan iklan pada blog   atau web yang kita buat
4. Googel Earth Googel earth merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh google seperti google maps, kita bisa melihat beberapa lokasi didunia yang di foto melalui satelit.
5. Google Doc
layanan google yang menyediakan untuk menyimpan documents yang kita miliki secara online.
6. Google Books
Google book berisikan buku-buku elektronik dari berbagai bidang yang di upload oleh pihak tertentu yang berformmat PDF .
7. Google adwords
fungsi untuk kita bisa mengiklankan produk kita di blog atau  website yang menjadi publisher Google Adsense.
8. Google Chrome
Keluaran  Google sebagai web browser atau mesin pencari.
9. Google Grup
Google Grup atau Google Groups adalah suatu layanan dari Google yang meyediakan kelompok diskusi atau forum internet.
11. Google news
layanan  kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media.
12. Google Mail
layanan surel dari Google.
13. Blogger
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003.
15. google +
Googel plus merupakan situs jejaring sosial yang dimiliki oleh google
16. Google Drive
Google Drive merupakan penyimpanan dan mengunduh file online
17. Google Analytics
Sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
18. Google Play
Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan.
19. Google Talk
Google Talk (GTalk) adalah suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP.
20. Google Alerts
Google Alerts merupakan layanan pemberitahuan surel (email), yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka.

Kelebihan Google :


a.  sebagai sumber informasi yang sangat banyak
b.  sebagi alat komunikasi lewat gmail
c. sebagai mempublikasikan suatu karya yng kita buat ataupun mempublikasikan apa yang ingin kita publikasikan lewat blog bikinan google.

Kelemahan Google :
a. apa yang kira cari di mesin pencari google, tidak selamanya sesuai dengan apa ingin kita cari.
b. Mudah terkena hacker/cracker.
c. website yang ditemukan google tidak selamanya terbebas dari virus.



5. Detik.com


Detik.com merupakan sebuah portal web yang menyajika berita dan artikel daring di Indonesia. Detik.com menjadi salah situs berita yang terpopuler di Indonesia. Dalam detik.com hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Namun detik.com selalu menjadi terdepan dalam hal berita-berita terbaru (breaking news). Dan sejak 3 Agustus 2011, detik.com menjadi bagian PT.Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT.Corp.
Pada 30 Mei 1998 detik.com sudah siap diakses, namun mulai daring dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998 yang ditetapkan sebagai hari terbentuknya detik.com yang didirikan oleh Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Pada awalnya detik.com hanya menyajikan berita tentang politik, ekonomi dan teknologi informasi. Namun pada akhirnya diperluas dengan melampirkan hiburan dan olahraga. Dari sinilah kemudian detik.com tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak secara harian, mingguan, maupun bulanan. Namun secarabreaking news yang bertumpu pada vivid description. Dengan ini detik.com melesat sebagai situs informasi digital paling popular dikalangan pengguna internet.
Detik.com menerima 30.000 pengunjung dan sekitar 2.500 pelanggan internet per harinya pada Juli 1998. Sembilan bulan kemudian, per harinya naik hingga tujuh kali lipat pada Mei 1999 dengan rata-rata pengunjungnya 214.000 per harinya dengan 32.000 user. Dan pada bulan Juli angka tersebut naik lagi hingga 536.000 per hari dengan 40.000 user.
Selain perhitungan pengunjung dan user, detik.com juga masih memilki alat ukut lainnya yang sampai sejauh ini desepakati sebagai ukuran ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran tersebut adalah page view yaitu jumlah halaman yang diakses. Untuk sekarang page view mencapai 3juta per harinya. Dan menjadi posisi ke-4 tertinggi dari alexa.com untuk seluruh content di Indonesia.

Fitur-fitur Detik.com :
o   DetikNews : kumpulan semua berita yang ada di detik.com
o   DetikFinance : kumpulan berita yang bersangkutan dengan keuangan seperti bisnis
o   DetikHot : kumpulan berita yang sedang ramai diberitakan.
o   Detiki-Net : kumpulan berita yang menyajikan seputar teknologi
o   detikSport : kumpulan berita yang memberitakan seputar olahraga
o   detikOto: kumpulan berita yang menyajikan seputar otomotif
o   detikFood: kumpulan berita yang menyajikan seputar makanan dan minuman.
o   detikHealth : kumpulan berita yang menyajikan seputar kesehatan.
o   wolipop: kumpulan berita yang menyajikan seputar gaya hidup.
o   detikTV: kumpulan berita yang disajikan dengan tampilan video berita yang sebelumnya disiarkan di televise.
o   indeks : daftar berita dengan urutan dari yang terbaru hingga yang terdahulu.
Search : untuk mencari berita yang diinginkan

Kelebihan Detik.com :
  • sebagai informasi tercepat sebagai berita Breaking News.
  • berita disajikan kedalam bahasa yang mudah dipahami
  • dapat berinteraksi dengan pembaca lewat fasilitas forum pembaca.
  • dapat diakses dengan mudah
  • didukung dengan sumber-sumber yang bermutu dengan wartawa-wartawan yang profesional dan dedikasi tinggi.
Kelemahan detik.com :
  •  Banyak iklan yang bermunculan

  referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://id.wikipedia.org/wiki/Google
http://nurrahmanp.blogspot.com/2012/10/facebook_15.html
http://ngeblogyuuukk.blogspot.com/2012/08/penjelasan-fitur-fitur-yang-ada-di-blogger.html
http://www.ficripebriyana.com/2014/07/mengenal-fitur-kampanye-di-blog.html
http://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/05/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html
https://www.facebook.com/notes/komunitas-blogger-indonesia/kelebihan-dan-kekurangan-blogger-dan-wordpress/116931130700
http://blognyakrishna.blogspot.com/2011/02/kelebihan-dan-kekurangan-youtube.html
http://moredykatuuk.blogspot.com/2012/10/kelebihan-dan-kekurangan-detikcom.html
http://yamifendi.blogspot.com/2010/03/kelebihan-dan-kekurangan-googlecom.html






0 komentar:

Posting Komentar